Apakah Kegunaan SEO Bagi Perkembangan Bisnis dan Usaha?

SEO 23 Apr 2024

blog-image

Digital marketing merupakan strategi jitu yang akan sangat membantu di era teknologi seperti saat ini. Hal ini tentu berkaitan erat dengan penerapan SEO yang bisa meningkatkan profit secara luar biasa. Lalu, apakah kegunaan SEO untuk perkembangan bisnis di era digital?

Pada dasarnya, memahami dan menerapkan SEO bisa memberikan keuntungan besar dibanding strategi biasa. Meski demikian, bukan berarti keuntungan bisa didapatkan secara instan ketika memahami SEO. Ada baiknya mengerti seluk beluknya terlebih dahulu untuk selanjutnya diimplementasikan.

 

Apakah Kegunaan SEO untuk Website Bisnis Produk/Jasa?

Search Engine Optimization atau SEO dikenal bisa meningkatkan traffic website. Situs bisnis Anda bisa muncul di halaman teratas mesin pencarian Google. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kegunaan SEO yang sebaiknya diterapkan untuk bisnis masa kini.

1. Meningkatkan Traffic

Jika ingin mengetahui manfaat SEO yang sangat terasa, maka jawabannya adalah mendatangkan traffic. SEO memungkinkan website berada di halaman depan sehingga berpotensi besar di-klik pertama kali oleh pengguna search engine.

2. Target Pengunjung Lebih Spesifik

SEO tidak hanya menguntungkan bagi pemilik website, melainkan juga pengunjungnya. Pengunjung jadi lebih mudah menemukan hal yang dibutuhkan karena hasil pencarian lebih spesifik. Misalnya ketika mencari jasa pembuatan website profesional yang harganya terjangkau.

Jika Anda menyediakan jasa website murah dan berkualitas, maka akan sejalan dengan apa yang dicari pengunjung.

3. Website Lebih Mudah Dikenal

Menyediakan konten di website secara rutin memang penting dilakukan, namun sebaiknya gunakan keyword yang mendukung. Jika kumpulan keyword yang digunakan memang sedang banyak dicari audiens, maka website akan lebih mudah dikenali.

Perlahan tapi pasti brand akan diketahui banyak orang karena kata kunci yang mereka cari mengarah pada halaman website Anda.

4. Bisa Digunakan Perusahaan Besar dan Kecil

Jangan ciutkan nyali ketika harus berkompetisi dengan perusahaan besar dalam hal promosi website. Pada dasarnya, belum tentu perusahaan berskala besar tersebut sudah mengoptimalisasi situsnya dengan SEO.

Selalu ada kemungkinan website bisnis Anda ditemukan lebih dulu dibanding perusahaan yang sudah muncul lebih lama.

5. Promosi Website Tanpa Batas Waktu

Apakah kegunaan SEO bisa untuk promosi website dalam waktu lama? Tentunya hal ini tidak perlu diragukan karena cara kerja SEO memungkinkan promosi 24 jam nonstop.

Dengan catatan, situs Anda masih bisa diakses di internet. Bagi yang pernah menggunakan Google Ads, pasti sudah memahami biayanya yang cukup mahal.

Terlebih iklan juga memiliki batasan, misalnya durasi dan frekuensi. Sedangkan jika mengoptimalkan SEO pada website, promosi ini berlaku dalam waktu sangat lama.

6. Meningkatkan Penjualan Produk/Jasa

Teknologi internet saat ini semakin memudahkan pelanggan melakukan riset sebelum pembelian. Salah satu riset sederhana namun efektif adalah menggunakan mesin pencarian Google. Dengan penerapan SEO, maka keyword yang sedang trending dan banyak dicari akan sangat membantu.

Alhasil, pelanggan akan menemukan website yang relate dengan keyword yang mereka cari. Semakin sering website Anda muncul di halaman utama, maka kemungkinan untuk dikunjungi akan semakin besar. Jika pengunjung cukup banyak, maka tingkat penjualan produk/jasa akan naik secara otomatis.

Meski tidak semua pengujung melakukan pembelian, traffic website tetap berpengaruh besar terhadap banyaknya penjualan.

 

Penutup

Apakah kegunaan SEO seperti yang disebutkan di atas membuat Anda tertarik menggunakannya? Tidak perlu ragu berinvestasi jangka panjang untuk website bisnis yang sedang dibangun. Biaya optimalisasi SEO pada dasarnya beragam, namun manfaatnya akan sangat terasa di kemudian hari. Budimark.com dapat membantu anda mengoptimasi SEO website anda, hubungi kami untuk mendapatkan jasanya.