3 Cara Pilih dan Cek Keyword SEO untuk Website Kamu

SEO 18 Jul 2024

blog-image

Mengapa cek keyword seo sangat penting dilakukan untuk website kamu? Ada banyak alasan yang membuatmu wajib melakukan riset keyword dan salah satunya adalah agar kamu punya gambaran soal trend marketing saat ini sehingga kamu bisa memfokuskan konten website kamu pada topik yang relevan dan keyword yang memang dicari oleh audiens.

Selain itu, mempelajari keyword juga berguna untuk meningkatkan traffic menuju website kamu dan bahkan mengakuisisi pengunjung menjadi pelanggan. Lantas bagaimana caramu mengecek dan memilih keyword SEO untuk websitemu? Berikut tiga langkah awal yang perlu kamu lakukan.

 

Pakai Google Keyword Planner

Ada begitu banyak keyword yang mungkin berhubungan dengan websitemu dan memilih beberapa di antaranya bukan perkara mudah sams sekali. Untungnya, kamu akan sangat terbantu untuk menemukan keyword pilihan dengan menggunakan Google Keyword Planner yang akan membantumu memperkirakan traffic dan volume pencarian untuk keyword yang kamu pertimbangkan.

Setelah mendapatkan informasi melalui Google Keyword Planner, kamu bisa lanjut menggunakan Google Trends untuk memilih keyword yang lebih sesuai dengan tren saat ini. Jika langkah ini kamu rasa terlalu rumit, kamu bisa menggunakan website seo services yang akan membantu kamu dengan segala urusan SEO untuk meningkatkan traffic dan transaksi di website.

 

Prioritas Keyword

Saat cek keyword seo, keyword macam apa yang akan kamu pilih untuk konten websitemu? Jelas kamu tidak mungkin menggunakan semua keyword.

Kamu mungkin akan memilih keyword dengan volume pencarian yang tinggi, tetapi cara ini hanya efektif dilakukan oleh perusahaan besar dengan brand yang sudah mumpuni. Google biasanya akan memberi reward berupa otoritas atas topik yang lebih beragam pada perusahaan dengan brand yang sudah kuat.

Jika brandmu masih baru berkembang, kamu sebaiknya memprioritaskan keyword dengan peluang untuk mendapatkan ranking berdasarkan otoritas websitemu. Kamu juga bisa memilih keyword dengan kompetisi yang lebih sedikit. Keyword tersebut sebaiknya tidak memiliki banyak artikel yang berebut untuk mendapatkan ranking tertinggi. Kamu bisa auto mendapatkan ranking tertinggi jika tidak ada artikel lain yang mencoba menggunakan keyword tersebut.

 

Cek Monthly Search Volume (MSV) untuk Keyword yang Kamu Pilih

Untuk memenangkan perhatian audiens, kamu perlu menulis konten tentang hal-hal yang ingin diketahui oleh orang-orang. Kamu akan bisa menulis konten semacam ini dengan mengecek MSV.

Monthly search volume (MSV) adalah berapa kali keyword dimasukkan di search engine setiap bulan. Kamu bisa menggunakan tool, seperti Google Trends atau Searchvolume.io untuk membantumu menemukan keyword yang paling dicari dalam kategori tertentu secara gratis.

Masih ada langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk cek keyword seo agar bisa mendapatkan keyword yang paling sesuai untuk mendukung pertumbuhan websitemu. Cara-cara tersebut akan menjadi investasimu untuk mengembangkan website dan bisnismu tentunya.