Jenis-Jenis Social Media Ads Di Jasa Ads, Serta Mengenal Apa Itu Google Adwords

Google ads 23 Jun 2024

blog-image

Di zaman serba canggih dan praktis ini, kegiatan marketing dalam bisnis sudah banyak dilakukan dengan menggunakan layanan dari jasa Ads. Kehadiran berbagai layanan iklan atau Ads seperti Google Ads, dan lain-lain bisa membantu bisnis untuk berkembang. Mengingat metode marketing seperti ini cenderung lebih efektif daripada menggunakan metode yang masih tradisional.

Dahulu media beriklan hanya dari televisi, radio, koran, dan sejenisnya, saat ini sudah bisa lewat internet, sosial media dan berbagai platform lainnya. Bahkan iklan yang ada di internet sendiri pun juga masih terbagi di sejumlah tempat. Membahas terkait Ads atau digital marketing, penting sekali untuk kamu memahami tentang digital marketing agency, jenis-jenis social media Ads, serta beragam keuntungan memakai Ads, mari simak!

 

Mengenal Digital Marketing Agency

Pernahkah kamu mendengar tentang perusahaan jasa periklanan digital? Apa yang dimaksud dengan digital marketing agency? Jadi, digital marketing agency atau perusahaan periklanan digital adalah perusahaan jasa yang siap melakukan pembuatan dan juga pengelolaan digital campaign untuk memasarkan suatu produk. Digital campaign itu sendiri adalah upaya yang dilakukan untuk bisa mencapai tujuan marketing tertentu, yang biasanya mencakup peningkatan brand awareness, meningkatkan selling, dan lainnya.

Perusahaan seperti ini berkaitan erat dengan yang namanya jasa Ads, karena memang digital marketing agency ini yang mempunyai jasa iklan tersebut, serta bisa membantu kamu dalam beriklan. Jasa iklan atau Ads pada suatu digital marketing agency lebih banyak membahas tentang media sosial, website, SEO, SEM, dan lain sebagainya. 

Jadi, itu dia yang dimaksud dengan digital marketing agency. Nah, tadi kamu sudah memahami pengertian dari digital marketing agency, sekarang ayo ketahui apa saja jenis Ads di media sosial dan juga internet, khususnya Google.

 

Jenis-Jenis Social Media Ads

1. Facebook Ads

Pertama ada Facebook Ads, yang seringkali menjadi salah satu pilihan andalan untuk beriklan, mengingat jumlah total penggunanya yang fantastis. Dengan beragamnya umur, jenis kelamin, serta demografi lokasi bisa memudahkan kamu menemukan target pasar yang tepat di Facebook. Sekarang ini kamu juga bisa menggunakan jasa pasang iklan FB Ads agar lebih praktis.

Namun, pastikan kamu sudah memilih jasa Facebook Ads terbaik, ya, karena ini tentu berpengaruh pada perkembangan bisnis kamu. Di FB Ads tersebut juga punya beragam opsi foto, video, cerita, carousel, messenger, dan banyak lagi, lho. 

Segala fitur di Facebook Ads bisa dipakai untuk tujuan brand awareness, meningkatkan traffic ke web atau landing page, bahkan hingga meningkatkan konversi. Masih ada berbagai keuntungan menggunakan Facebook Ads yang bisa kamu dapatkan.

2. Instagram Ads

Instagram Ads termasuk media atau channel yang sangat ideal untuk kamu yang punya suatu produk yang lebih menarik secara visualnya. Biasanya pengguna Instagram adalah yang usianya masih tergolong muda, sehingga cocok sekali jika kamu menargetkan orang-orang yang berusia muda. Dengan IG Ads ini, kamu bisa menemukan audiens sasaran berdasar pada demografis, minat, aktivitas, dan lain-lain. Tak perlu bingung, jasa iklan Instagram tertarget dengan senang hati membantu kamu!

3. Tiktok Ads

Platform yang satu ini sangat populer sekali beberapa tahun belakangan, khususnya sejak pandemi. Jumlah pengguna aktif di Tiktok ada lebih dari 1 Miliar, sehingga ini menandakan bahwa Tiktok punya potensi yang signifikan untuk meraih target konsumen, terutama yang usianya masih muda. 

Setidaknya ada 5 jenis iklan yang dapat kamu manfaatkan di dalam Tiktok. Antara lain yaitu Hashtag Challenge, In-Feed Video yang umumnya ditemukan di bagian FYP, Brand Take Over, Brand Augmented Reality, serta Topview Ads. Selain melakukan promosi iklan sendiri, agar lebih efektif kamu juga sebaiknya memanfaatkan jasa pasang iklan di Tiktok

4. Twitter Ads

Selain itu, Twitter juga menjadi satu di antara jenis social media Ads yang tak kalah populernya. Bahkan sejak tahun 2006, Twitter sudah cukup populer dan seiring waktu penggunanya semakin meningkat. 

Twitter adalah salah satu jenis platform media sosial yang punya perputaran topik dan juga trending yang cenderung cepat. Sehingga berguna sekali untuk dapat membangun brand awareness. Tak hanya itu, Twitter Ads berpotensi juga untuk memperluas jangkauan, keterlibatan audiens/engagement, dan penargetan yang terus dikembangkan untuk bisa meningkatkan tindakan dari audiens terhadap iklan kamu.

5. LinkedIn Ads

Ada juga, lho, yang namanya LinkedIn Ads, tetapi ini sedikit berbeda dari jenis platform sosial media yang lainnya. LinkedIn punya basis professional user yang besar, serta bisa menargetkan pengguna berdasar pada riwayat pekerjaannya dan juga kualifikasinya. Maka dari itu, LinkedIn Ads biasanya lebih ditujukan untuk target audiens B2B.

 

Mengenal Google Adwords

Selain beriklan lewat sosial media atau disebut Social Media Ads, kamu juga bisa memilih menggunakan Google Ads. Mungkin kamu sebagai digital marketer atau pengelola bisnis juga sudah pernah mendengar tentang jasa pembuatan iklan di Google Adwords. 

Sekarang ini beriklan di Google juga menjadi salah satu pilihan terbaik, lho. Jika menggunakan jasa, pastikan kamu memilih jasa iklan Adwords yang tepat dan profesional. Namun mungkin kamu masih bertanya-tanya, apa itu Google Adword, sehingga banyak yang memanfaatkan layanan ini.

Google Adwords itu adalah suatu fitur yang digunakan untuk mengiklankan produk-produk bisnis yang nantinya produk itu akan muncul di bagian halaman pencarian Google. Menarik sekali, bukan? Ada berbagai manfaat iklan google search Ads yang mungkin belum kamu ketahui. Antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Menargetkan iklan secara tepat
  • Mengelola campaign 
  • Mengontrol biaya dengan baik
  • Meningkatkan brand awareness
  •  

Masih berkaitan dengan Google Ads, kamu juga harus tahu apa itu Google Bisnis atau Google My Business. Pasti kamu pernah, kan, lihat di Google tentang rekomendasi tempat-tempat yang ingin dikunjungi atau ingin diketahui, misalnya nama tempat makan atau nama suatu bisnis. Dan di sana muncul banyak sekali informasi terkait hal yang kamu cari, termasuk nama tempatnya, alamat, dan lain-lain. Nah, bagaimana nama-nama tempat itu bisa muncul di Google?

Jawabannya adalah dikarenakan tempat atau perusahaan tersebut sudah mendaftarkan bisnisnya ke Google My Business. Ini adalah tools dari Google untuk memudahkan calon klien bisa mengetahui info-info terkait bisnis tersebut. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan jasa buat Google bisnis  yang sesuai. Penting sekali menggunakan Google Bisnis agar informasi bisnis kamu bisa diketahui banyak orang.

Untuk kegiatan marketing digital di berbagai platform termasuk Google, kami rekomendasikan untuk memakai jasa Ad atau jasa iklan, karena banyak keunggulannya. Beberapa diantaranya yaitu anggaran menjadi lebih efektif, dan bisnis kamu bisa semakin berkembang dengan cara yang lebih profesional. Karena jasa digital marketing ini sudah berpengalaman dan punya banyak tim. 

Dari pembahasan di atas tadi, kamu jadi tahu bahwa memang ada beragam jenis media atau channel untuk beriklan secara digital, serta keunggulan memakai jasa untuk beriklan. Mulai sekarang tak usah bingung lagi, jadikan jasa Ads sebagai solusi tepat untuk digital marketing bisnis kamu!