Ini Dia Cara Memulai Marketing TikTok Shop Yang Baik Dan Benar

Tiktok 29 Mar 2024

blog-image

Selain menjadi sosial media, TikTok juga memiliki platform belanja online-nya sendiri. TikTok Shop adalah fitur toko online yang membantu pengguna untuk berbelanja tanpa keluar aplikasi. Hal ini tentu dipandang sebagai peluang bisnis yang besar. Sebagai pebisnis yang andal, kamu harus mengetahui marketing TikTok shop

 

Cara membuka TikTok Shop

Fitur TikTok Shop bisa anda gunakan untuk menjual usaha yang sedang kamu rintis. Terutama jika bisnis milikmu memiliki target pasar anak muda. Nah, bagaimana langkah-langkah dalam membuka TikTok Shop?

1. Mendaftar akun TikTok Shop

Kunjungi halaman resmi TikTok For Business di situs web TikTok. Pastikan kamu telah memenuhi syarat dan ketentuan sebelum mendaftar.

2. Mengunggah produk ke TikTok Shop

Setelah terdaftar, unggah foto dan video produkmu ke TikTok Shop. Kamu bisa mengikuti instruksi yang diberikan oleh TikTok. Lengkapi informasi produk agar produk anda menjadi mudah terjual.

3. Menampilkan produk ke dalam TikTok

Setelah memasukkan produk di TikTok Shop, langkah selanjutnya adalah menampilkan produk ke dalam aplikasi. Kamu bisa menautkan tautan produk ke toko online milikmu sendiri. Atau kamu bisa memilih untuk menampilkan produk di dalam aplikasi.

Sehingga followermu tidak perlu keluar dari aplikasi TikTok.

4. Membuat konten produk

Trik marketing TikTok shop ini pasti sudah kamu ketahui. Kamu juga harus membuat konten yang berkaitan dengan produkmu. Video tersebut bisa berfungsi sebagai media promosi yang efektif lho.

5. Memantau hasil penjualan toko

Setelah berhasil berjualan di TikTok Shop, jangan lupa untuk tetap memantau ya. Lakukan analisa terhadap penjualan bisnis secara teratur. Hasilnya kamu jadi paham langkah apa saja yang harus diambil selanjutnya.

 

Trik TikTok marketing

Ketika kamu melakukan pemasaran atau marketing TikTok shop. Maka kamu perlu langkah-langkah yang tepat. Promosi bisnis tidak bisa dilakukan secara sembrono, sebab bisa-bisa produkmu bisa kehilangan reputasi atau brand awareness.

Oleh sebab itu, kamu bisa memanfaatkan influencer dan jasa digital marketing untuk toko online-mu. Sebab influencer TikTok terbilang efektif sebagai media pemasaran produk toko. 

Influencer akan memasarkan produk anda ditambah dengan call to action yang menarik. Kedua hal tersebut akan mendorong penonton untuk membeli produk yang sedang kamu jual. Survey juga membuktikan bahwa milenial mempercayai ulasan influencer sebagai rujukan dalam membeli sesuatu.

Salah satu keuntungan lain dalam marketing TikTok shop adalah peningkatan brand awareness. Konten yang dibuat oleh tim digital marketing akan meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan pelanggan kepada produk anda.

Dengan begitu, menerapkan strategi marketing TikTok shop adalah sebuah strategi yang cemerlang. Sebab pengguna TikTok di Indonesia sangatlah besar. Kamu memiliki kesempatan besar dalam mengembangkan bisnismu melalui TikTok.