Manfaatkan Cara Marketing di TikTok Agar Bisnis Anda Semakin Berkembang

Tiktok 26 Apr 2024

blog-image

TikTok adalah media sosial berbasis video terbesar di Indonesia. Penggunaanya terdiri dari beragam kalangan, mulai dari anak muda sampai usia senja. Oleh karena itu, banyak orang yang menganggap TikTok sebagai lahan basah untuk berbisnis. Artikel ini akan membahas bagaimana cara marketing di TikTok.

 

Strategi Marketing di TikTok

Berikut ini strategi yang harus kamu persiapkan ketika ingin melakukan pemasaran di TikTok:

1. Pelajari Algoritma TikTok

TikTok adalah media sosial berbasis video pendek. Artinya, video yang dibuat hanya berdurasi sekitar 15 sampai 60 detik saja. Video pendek seperti ini cocok dijadikan sebagai media promosi bisnis.

Cara terbaik adalah membuat video dengan latar musik yang sedang trending. Dengan begitu, peluang video yang dibuat naik ke For Your Page akan meningkat.

2. Memanfaatkan tagar

Tagar atau hashtag adalah salah satu pendongkrak algoritma video. Saat membuat video, pastikan kamu memberikan tagar yang sesuai dengan video. Setidaknya gunakan 2-3 tagar dalam setiap video.

3. Menulis deskripsi yang jelas

Video dengan deskripsi dan caption yang jelas akan menarik perhatian audiens. Kombinasikan deskripsi dengan tagar yang relevan. Hasilnya, kombinasi tagar dan deskripsi yang relevan akan membuat video marketing kamu bisa berjalan lebih efektif.

4. Melakukan kolaborasi dengan influencer TikTok

Seperti yang dijelaskan di atas, TikTok adalah media sosial terpopuler. Jadi, ada ribuan bahkan jutaan orang yang menggunakan TikTok. Peluang video kamu terlihat oleh orang yang bukan follower kamu juga tinggi.

Untuk memperbesar kemungkinan tersebut, ada kalanya kamu melakukan kolaborasi dengan influencer TikTok. Dengan begitu jangkauan pasar kamu menjadi lebih luas.

5. Posting video dengan konsisten

Cara marketing di TikTok yang terakhir adalah memposting video dengan rutin. Semakin banyak video yang dibuat maka semakin besar peluang orang-orang mengikuti akun TikTok kamu.

Pengguna yang berkunjung biasanya tidak hanya menonton satu video saja. Mereka akan menonton beberapa video. Jika follower kamu semakin besar, maka ini saatnya untuk memasang iklan di akun TikTok kamu.

 

TikTok Ads

TikTok juga menyediakan fitur iklan yang membantu kamu dalam melakukan branding bisnis. Fitur ini juga bisa menargetkan iklan pada audiens secara akurat. Sehingga bisnis kamu bisa dikenal oleh orang-orang yang memiliki minat terhadap usahamu. 

Kamu bisa menggunakan jasa TikTok marketing untuk mempermudah masalah ini. Staff digital marketing akan mengerti bagaimana cara terbaik untuk menarik audiens ke akun anda. Karena mereka mengetahui seluk beluk dan cara kerja algoritma TikTok.

Nah, sekarang kamu jadi tahu bagaimana cara marketing di TikTok. Memasarkan produk di TikTok bisa menjadi sebuah pekerjaan yang mudah apabila kamu mengerti triknya. Apabila kesulitan, jangan sungkan untuk memesan jasa digital marketing agar bisnis anda menjadi mudah dikenali algoritma TikTok.