Platform Iklan Yang Menguntungkan! Simak Biaya Ads TikTok Terlengkap Untuk Bisnis Anda Di Tahun 2023

Tiktok 23 Jun 2024

blog-image

Iklan sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis guna mengenalkan produk dan manfaatnya kepada masyarakat. Jadi, sebagai pelaku usaha kamu tidak hanya harus pintar membaca peluang pasar namun juga menggerakkan strategi marketing, biaya ads tiktok.

Salah satu platform yang banyak diminati oleh masyarakat dan berpotensi untuk melakukan iklan yaitu TikTok. Platform ini sedang banyak dilirik oleh masyarakat karena menawarkan banyak video menarik mulai edukasi hingga hiburan di tengah gejolak kehidupan yang melelahkan.

Akibat popularitasnya yang kian menjadi, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan platform ini sebagai ladang mencari uang. Mereka melakukan promosi secara langsung atau membayar influencer untuk dapat beriklan di TikTok, tiktok marketing.

 

Seberapa Menguntungkan Menggunakan TikTok Ads?

Jika dilihat dari pengguna Tik Tok, aplikasi ini sangat worth it jika digunakan sebagai media iklan. Bahkan, sekarang sudah mencapai 800 juta orang pengguna dan paling banyak didownload dan digunakan di 180 negara. 

Dengan tingkat populer yang tinggi, tentu pebisnis tidak akan rugi jika menggunakan tiktok sebagai media iklan. Namun, tetap harus memperhatikan target pasar yang ingin disasar. Pasalnya, aplikasi ini memang didesain untuk anak muda. Meskipun tidak jarang pula yang menggunakan aplikasi ini seiring bertambahnya usia.

 

Jenis Iklan Di TikTok Yang Dapat Dimanfaatkan 

Aplikasi TikTok memiliki penawaran iklan yang cukup menarik untuk digunakan oleh pelaku usaha, biaya ads tiktok. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak ulasan berikut: 

1. In-Feed Video

Pasti kamu pernah menemukan video iklan ketika sedang asyik melakukan scroll FYP atau For Your Page. Nah, iklan itulah yang dinamakan in-feed video yaitu iklan yang berbaur dengan konten lainnya. 

2. Brand Takeover 

Iklan jenis ini biasanya muncul ketika pengguna pertama kali membuka aplikasi TikTok. Umumnya, memiliki durasi yang singkat yaitu antara 3 hingga 5 detik. Bagi kamu yang ingin menggunakan iklan jenis ini harus menyampaikan pesan secara singkat dan jelas. 

3. Hastag Challenge

Iklan yang satu ini dilakukan melalui pemberian tag pada postingan. Biasanya iklan hashtag challenge akan muncul di halaman discovery.

 

Biaya Untuk Membuat Iklan Atau TikTok Ads

Jika dilihat di TikTok, pasti kamu menemukan banyak brand terkenal yang juga melakukan iklan disana. misalnya saja seperti Nike ataupun Disney. Pasalnya, mereka memiliki anggaran yang cukup besar untuk melakukan iklan. Bisa dikatakan, brand tersebut tidak mempertimbangkan seberapa mahal biaya TikTok ads. 

Namun, biaya ads tiktok akan sangat terasa jika digunakan oleh brand kecil yang baru merintis usahanya. Lantaran, biaya yang dipatok lebih mahal jika dibandingkan dengan Facebook ads yang lebih familiar. 

Di Indonesia, biaya yang harus dikeluarkan untuk TikTok ads sendiri yaitu mulai dari Rp 3.000 per 1000 penayangan iklan (CPM / Cost Per Mile). Tidak hanya itu, TikTok juga mengharuskan kamu mengeluarkan Rp 5 juta untuk setiap campaign yang dilakukan